Syahfuddin Anwar

Artikel Teknologi Informasi – Data Center – Social Media – Startup Business

Sunday

5

November 2017

0

COMMENTS

facebook dan Microsoft Bangun Kabel Bawah Laut Ke Eropa

Written by , Posted in Data Center, facebook, Internet

gallery-submarine-MAREA

Pembangunan kabel bawah laut terbaru transatlantik berkapasitas tinggi berada di pinggiran AS dan Spanyol, didanai oleh Facebook, Microsoft, dan Telxius (anak perusahaan dari raksasa telekomunikasi Spanyol Telefónica), telah berhasil diselesaikan yang diumumkan 22/09 lalu.

Ini adalah kabel berkapasitas tertinggi yang pernah melintasi Atlantik, menurut Microsoft, dan merupakan pergeseran baru-baru ini dalam keseimbangan kekuatan di industri kabel bawah laut. Secara tradisional, kabel lintas benua didanai oleh konsorsium telco, yang kemudian akan menjual kapasitas pada sistem tersebut kepada pelanggan seperti Facebook dan Microsoft. Namun, belakangan ini, permintaan bandwidth global yang melonjak telah mendorong pelanggan terbesar – di antaranya Alphabet’s Google dan Amazon Web Services – untuk berpartisipasi dalam mendanai proyek konstruksi, yang menghabiskan biaya ratusan juta dolar.

Kabel yang disebut Marea (dari kata Spanyol), panjangnya lebih dari 4.000 mil dan dapat mentransmisikan hingga 160 terabit per detik, yaitu sekitar 16 juta kali lebih cepat daripada rata-rata koneksi internet rumahan dan cukup untuk mengalirkan 71 juta Video HD.

Bandwidth dan lalu lintas jaringan internasional telah berkembang dengan cepat, meski tingkat pertumbuhannya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, menurut laporan Global Internet Geography terbaru oleh firma riset pasar telekomunikasi TeleGeography, yang keluar bulan lalu. Bandwidth dan lalu lintas komunikasi data internasional tumbuh pada pertahunnya lebih dari 30 persen sepanjang dari tahun 2013 hingga 2017.

Kabel tersebut mendarat di Virginia Beach, Virginia, di sisi AS, dan di Bilbao, Spanyol, kabel pertama mendarat di dua lokasi ini. Virginia Beach terletak sekitar 230 mil selatan Ashburn, Virginia yang merupakan pasar data center terbesar di Amerika Utara, dan mungkin yang terbesar di dunia.

marea rafael arranz telxius

Picture 1 of 14

Rafael Arranz, chief operating officer, Telxius

Sumber berita dan foto dari : Datacenterknowledge

Leave a Reply